KAMPANYE DEBAT PUBLIK DI TELEVISI PASANGAN CALON PESERTA PEMILUKADA KABUPATEN BULELENG TH 2012

Dalam tahapan kampanye Pemilukada Kabupaten Buleleng tahun 2012, KPU Kabupaten Buleleng bekerja dengan stasiun televisi BaliTV menyelenggarakan Kampanye Debat Publik yang disiarkan langsung pada tanggal 11 dan 12 April 2012 mulai pukul 19.00 Wita sampai dengan pukul 20.30 Wita.

Tujuan diadakannya acara ini seperti yang disampaikan Ketua KPU Buleleng, Kadek Cita Ardana Yudi, S.Si dalam sambutannya adalah secara umum debat pasangan calon bertujuan untuk pelaksanaan pendidikan politik kepada masyarakat. Pendidikan politik ini dilakukan demi  tumbuhnya kesadaran politik rakyat untuk berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan politik pada umumnya, dan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Buleleng Tahun 2012 pada khususnya. Secara khusus debat pasangan calon bertujuan untuk memfasilitasi pasangan calon dalam penyebaran visi, misi dan programnya kepada masyarakat Buleleng khususnya dan bali pada umumnya dalam rangka menumbuhkan dukungan politik pemilih kepada para pasangan calon, dalam Pemilukada Kabupaten Buleleng tahun 2012.

Yang ditunjuk sebagai panelis adalah Prof. Dr. Ketut Buda Artana, ST., M.Sc. dari ITS Surabaya dan Dr. I Nyoman Subanda, Drs., M.Si. dari UNDIKNAS Denpasar untuk hari pertama dan Prof. Dr. Nengah Bawa Atmadja, MA. dari UNDIKSHA Singaraja dan Prof. Dr. Made Kembar Sri Budhi, Drs., MP dari Universitas Udayana Denpasar untuk hari kedua. Mereka dipilih oleh KPU Kabupaten Buleleng dari kalangan profesional dan akademisi yang mempunyai integritas tinggi, jujur, simpatik dan tidak memihak kepada salah satu pasangan calon. Sedangkan untuk pemandu acara yang bertindak sekaligus sebagai moderator adalah Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si untuk acara debat di hari pertama dan Ketut Udi Prayudi, SE., SH., MH untuk acara debat hari yang kedua.

Hadir pula sebagai undangan yaitu Ketua dan Anggota KPU Provinsi Bali, Ketua Panwaslu Kabupaten Buleleng, Ketua KPU Kabupaten/Kota seBali, suami/istri masing-masing Pasangan Calon, Tim Kampanye dari masing-masing Pasangan Calon Peserta Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Buleleng Tahun 2012 yang dibatasi masing-masing sebanyak 25 orang saja.

Yang dijadikan materi sekaligus tema dari pertanyaan para panelis dalam acara debat publik ini adalah visi, misi dan program Pasangan Calon yang akan dijadikan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) atau  Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Buleleng periode 2012 – 2017.

Dari pelaksanaan tahapan kampanye debat publik ini diharapkan agar masyarakat dapat mengetahui visi, misi, dan program pasangan calon, dengan harapan masyarakat buleleng dapat menggunakan hak pilihnya dengan bijaksana untuk memilih pemimpin yang berkualitas.

About kpubuleleng

KPU Buleleng
This entry was posted in Kampanye and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s