Rapat Koordinasi

Dalam rangka pelaksanaan PEMILUKADA 2012 KPUD Kabupaten Buleleng pada tanggal 12 april 2011 melaksanakan rapat koordinasi di ruang rapat KPUD Kabupaten Buleleng. Adapun bahasan pada rapat koordinasi ini adalah masalah pemutahiran data pemilih yang memiliki potensi permasalahan cukup besar. Rapat yang di pimpin langsung Ketua KPU Kabupaten Buleleng I Kadek Cita Ardana Yudi, S.Si di hadiri oleh Kepala Kesbangpol Linmas Kabupaten Buleleng , perwakilan dari dinas kependudukan dan catatan sipil serta dihadiri prebekel Bondalem, prebekel Sangsit, dan Prebekel Tukad Mungga yang beberapa saat ini melaksanakan PILKADES.

Suasana Rapat koordinasi di ruang Rapat KPU Buleleng

Dalam rapat ini Ketua KPU Kabupaten Buleleng menyampaikan beberapa permasalahan tentang data pemilih dari hasil PEMILU sebelumnya dan dari hasil evaluasi pelaksanaan PILKADES di beberapa desa. Dimana ada banyak Penduduk tidak mendapat hak pilih karena tidak terdaftar dalam DPT. Demikian juga yang disampaikan Kepala KESBANGPOL LINMAS kabupaten Buleleng yang hadir dalam kesempatan ini memberi pesan agar pelaksanaan PEMILUKADA yang akan dilaksanakan tahun 2012 ini berjalan tanpa ada gejolak di masyarakat sehingga situasi keamanan dan ketentraman dapat dijaga dengan baik. Begitu juga masukkan dari beberapa perbekel yang hadir memberikan masukkan permasalahan-permasalahan yang terjadi. Adapun beberapa masukkan permasalahanyang terjadi karena data pemilih adalah : adanya permasalahan masih masukknya data penduduk yang telah meninggal dunia karena kurang aktifnya masyarakat dalam melaporkan kematian anggota keluarganya, adapula permasalahan penduduk yang pindah setelah membuat KTP dan belum mencabut berkasnya di tempat yang lama ini mengakibatkan ganda, satu Kartu Keluarga tapi mempunyai tempat pemilihan (TPS) yang berbeda sehingga terpisah dengan anggota keluarganya saat melakukan pemilihan.

Permasalahan ini di tanggapi dari perwakilan dinas kependudukan dan catatan sipil yang dalam hal ini di wakili oleh Putu Gunantra  dalam kesempatan ini beliau menyampaikan bahwa pada tahun 2012 ini akan dilaksanakan E-KTP di seluruh Indonesia secara serentak. Dalam mengatasi permasalahan-permasalahan DP4 ini beliau berjanji akan melakukan verifikasi data sebelum di serahkan ke KPUD Kabupaten Buleleng dalam rangka pelaksanaan PEMILUKADA 2012. Langkah-langkah antisipasi lain yang akan dilakukan oleh KPUD Buleleng adalah untuk mengevaluasi pendataan DP4 di bulan juli sebelum diserahkannya ke KPUD Buleleng sekitar bulan Oktober saat dimulainya tahapan.

About kpubuleleng

KPU Buleleng
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s